BIMBINGAN TEKNIS PEMUKTAHIRAN DATA PEMILIH DENGAN PPK SE-KABUPATEN SAMBAS DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SAMBAS TAHUN 2020

Sambas (03/07/2020)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemuktahiran Data Pemilih Dengan PPK Se-Kabupaten Sambas Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020 pada hari Jumat tanggal 3 Juli 2020 yang bertempat di Hotel Pantura Jaya Sambas.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan dibagi menjadi 2 (dua) shift. Shift pertama terdiri dari 10 (sepuluh) Kecamatan yang dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 3 Juli 2020 dan Shift kedua terdiri dari 9 (Sembilan) Kecamatan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu tangggal 4 Juli 2020.

Kegiatan Bimbingan Teknis hari pertama berlangsung lancar dengan dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sambas. Dalam Sambutannya Sudarmi, S.Pd Ketua KPU Kabupaten Sambas menyampaikan bahwa “Data Pemilih yang muktahir itu sangat penting, jika data tidak muktahir maka akan berbahaya dan bermasalah. Tanggung jawab anggota PPK yang membidangi Data sangat berat dan harus selalu solid dengan tim PPK lainnya agar tercipta koordinasi serta hasil yang baik”.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan Penyampaian materi pertama yakni Pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih Pilkada Tahun 2020 yang disampaikan oleh Ketua BAWASLU Sambas, Ikhlas, ST. Dalam penyampaiannya beliau menjelaskan bahwa “Ada konsekuensi hukum terkait data pemilih misalnya penambahan data yang bukan seharusnya”. Beliau juga berpesan agar PPK dan PPS selalu menjaga koordinasi serta komunikasi dengan Panwas.

Kegiatan Bimbingan Teknis dilanjutkan dengan materi yang kedua yakni Pemuktahiran Data Pemilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020 yang disampaikan oleh Rudiansyah sekalu Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Program KPU Kabupaten Sambas. Beliau menjelaskan bahwa “Sasaran dari kegiatan hari ini adalah agar PPK dapat memberikan arahan kepada PPS karena setelah ini akan diadakan Bimtek kepada PPS yang akan disampaikan oleh PPK”. Kemudian kegiatan Bimbingan Teknis dilanjutkan dengan membuat RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut) yang dipandu oleh anggota KPU Kabupaten Sambas, Irawati, S.Hut. kegiatan Bimbingan Teknis Pemuktahiran Data Pemilih Dengan PPK Se-Kabupaten Sambas Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020 ditutup oleh Rudiansyah pukul 16.30 WIB.