Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sambas pada Pemilu 2019

Kamis, 31 Oktober 2019, Kpu kabupaten Sambas lakukan Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sambas pada Pemilu 2019.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Sambas Sudarmi SPD dan dihadiri sejumlah parpol, Forkopimda dan sejumlah media massa.
Sudarmi mengatakan tahapan ini merupakan perjalanan panjang dalam tahapan teknis pencalonan anggota DPRD Kab. sambas. Ada berbagai persoalan dan permasalahan yang di temukan dan berhasil dipecahkan.
Salah Satu contoh pada Proses pendaftaran dan penilitian calon ada salah satu parpol dan dicoret dalam pencalonan DPRD terkait mekanimse yang harus ditaati. Salah satu faktor ialah kurangnya informasi dan komunikasi terkait mekanisme yang berlaku.
KPU sambas mencatat selama  proses pendaftaran calon anggota DPRD Kab sambas ada sebanyak 556 berkas bakal calon yang masok dan ada juga yang  meninggal dunia sehingga ditetapkan lah sebanyak  542 calon tetap yang tersebar dari 5 dapil sekabupaten sambas.
Hasil masukan dan saran dari kegiatan ini akan disampaikan pada saat Rakornas nanti, ucap Sudarmi. Ada beberapa masukan dan saran yang disampaikan oleh partai politik, terkait mempermudah dalam proses pemenuhan persyaratan calon. Jadi jangan sampai ini seperti dipersulit.