KPU Sambas Sabet Dua Penghargaan

PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas menyabet dua penghargaan tingkat provinsi kategori Data Pemilihan Berkualitas dan Pengelola Logistik penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.  Penerimaan penghargaan tersebut di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Senin (28/10) kemarin, yang diterima langsung Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi bersama empat anggota lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi mengatakan penghargaan yang didapat merupakan kerja keras semua pihak yang menyukseskan Pemilu Tahun 2019. Dikatakannya, karena tanpa dukungan berbagai stakeholder, penyelenggaraan pesta demokrasi tidak akan berjalan dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PPDP, PPS dan PPK serta operator data pemilih yang telah bekerja maksimal. Hasil kerja keras mereka, sehingga diganjar penghargaan terbaik pertama untuk kategori data pemilih berkualitas tingkat provinsi,” ungkapnya saat menghadiri Rapat Evaluasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Ia menyebutkan sedangkan kategori pengelola logistik, KPU Kabupaten Sambas mendapatkan penghargaan terbaik kedua. Menurutnya, pengelolaan logistik seperti distribusi maupun sortir dan pelipatan surat suara banyak melibatkan masyarakat.

“Saat pelipatan suara sendiri KPU Kabupaten Sambas melibatkan publik hampir 500 orang. Termasuk ketika akan dilakukan distribusi logistik ke kecamatan  melibatkan banyak pemuda, yang bekerja hampir 24 jam di gudang,” kata Sudarmi.

Pekerjaan berat pada Pemilu Tahun 2019, kata dia, dengan penghargaan tingkat provinsi ini akan menjadi motivasi bagi KPU Kabupaten Sambas untuk bekerja lebih baik lagi.  Sebut dia, paling tidak mempertahankan kinerja yang sudah baik ini jangan sampai melemah.

“KPU Kabupaten Sambas beberapa waktu lalu juga menyampaikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah ikut andil menyukseskan Pemilu 2019. Terutama pemerintah daerah, aparat keamanan, serta masyarakat sebagai pemilih yang cukup tinggi antusiasnya datang ke bilik suara,” ujarnya.

Sudarmi mengharapkan pada saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020, penyelenggaraannya juga berkualitas. Tegasnya, selalu diingatkan oleh petinggi KPU RI, supaya menjaga integritas penyelenggara.

“Harapan ini bukan hanya dengan kerja KPU Kabupaten Sambas semata. Tetapi peran serta seluruh lapisan masyarakat baru bisa mewujudkannya,” katanya. (Thor)