Rapat Koordinasi Serta Penandatangan Kesepakatan Bersama antara KPU Kabupaten Sambas, Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupa

Sambas (09/07/2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sambas melaksanakan rapat koordinasi serta penandatangan kesepakatan bersama pada hari Kamis tanggal 9 Juli 2020 yang bertempat di Ruang Rapat Bupati. Maksud dan tujuan penandatangan kesepakatan bersama ini adalah bentuk dukungan pelayanan kesehatan bagi anggota dan sekretariat PPK, Anggota dan Sekretariat PPS, KPPS, PPDP dan Petugas Ketertiban Tempat Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020.

Pendandatangan ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Sambas beserta anggota, Sekretaris KPU Kabupaten Sambas dan jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid019) Kabupaten Sambas, Kanit Intel Polres Sambas dan pihak Media.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi, S.Pd menjelaskan “Kerjasama ini merupakan turunan kerja sama yang sudah dilakukan oleh KPU RI dengan Kementrian Kesahatan beserta Gugus Tugas ditingkat pusat.  Kita yang melakukan pemilihan dimintai untuk melakukan hal yang sama karena pada Pilkada ini bersamaan dengan kondisi bencana non-alam. Diharapkan dengan 3 (tiga) lembaga ini mampu mengawal  Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)”. Beliau juga menyampaikan bahwa “Isi dari MOU ini secara garis besar yakni nanti kita akan menyusun pedoman teknis terkait pelaksanaan penerapan protokol kesehatan pada tahapan-tahapan  yang dilaksanakan untuk penyelenggaran Pilkada”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Dr. Fatah menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan akan mengawal semua tahapan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sambas sampai akhir termasuk dalam pelaksanaan Rapid Test. Beliau juga mengatakan bahawa “Hari ini kita melaksanakan pemeriksaan Rapid test pada sekretariat PPK, anggota PPS dan Sekretariat PPS, PPDP berjumalah sekitar 2454 orang serta besok akan ada lagi pemeriksaan Dan mudah-mudahan non-reaktif semua”.

Selain itu Dr. Fatah juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk datang ke TPS dan tetap melakukan kewajibannya sebagai pemilih. Beliau mengatakan “Dinas kesehatan akan selalu mengawalnya yang penting kita selalu melaksanakan Protokol kesehatan yakni ke TPS menggunakan masker, sebelum mencoblos mencuci tangan terlebih dahulu dan menjaga jarak”.

Drs. Sunaryo, M.Si , Asisten I Setda Sambas sekaligus Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sambas berharap agar Pilkada ini dapat dilaksanakan dan berjalan lancar, aman dan berkualitas serta keikutsertaan pemilih dapat meninggkat dalam Peilkada 2020 bulan Desember nanti. Beliau juga mengatakan bahwa “MOU ini kita tandatangani bersama dalam rangka sebagai komitmen Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sambas sekaligus pemerintah daerah Kabupaten Sambas untuk mendukung pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini. Sekaligus kita akan memberikan Pilkada yang berkualitas, serta akan memberikan sosialisasi kepada seluruh staekholder di Masyarakat dalam rangka melaksanakan Pilkada ini sesuai dengan Protokol Kesehatan”.